Monday 15 February 2016

Ada 5 bahasa pemrograman yang digunakan tahun ini

Tags
5 Bahasa Pemrograman Yang Paling Banyak Digunakan Pada Tahun 2014 
-Bahasa pemrograman (Language Programming) merupakan sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, menyusun serangkaian instruksi tertentu dan menerjemahkannya dalam bahasa mesin untuk di eksekusi didalam komputer.
Bahasa pemrograman digunakan oleh para programmer komputer untuk membuat berbagai aplikasi baik itu untuk aplikasi desktop, website ataupun mobile.
Aplikasi-apliakasi yang dibuat oleh bahasa pemrograman komputer dibuat untuk membantu berbagai pengguna untuk membuat pekerjaan yang dilakukan manual menjadi terkomputerisasi, misalnya jika dahulu sistim penjualan mengandalkan buku catatan tradisional maka dengan adanya aplikasi penjualan yang terkomputerisasi akan membuat pekerjaan menjadi mudah, efisien, data tersimpan otomatis, dan hemat secara biaya.

Setiap programmer komputer mempunyai keahlian dan bidang yang berbeda-beda dalam membuat program komputer, untuk itulah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi yang mereka inginkan pun berbeda beda juga.
Dibawah ini akan dicantumkan 5 bahasa pemrograman yang paling popular dan paling banyak digunakan oleh pembuat program komputer diseluruh dunia pada tahun 2014, lihat tabel berikut ini klik untuk melihat ukuran penuh.

1. Java

Bahasa pemrograman Java pertama kali dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems dan pertama kali dirilis pada tahun 1995.
Java menjadi sangat popular dan banyak digunkan karena kemampuannya yang dapat dijalankan diberbagai platform komputer.
Karena fungsionalitasnya yang mampu menjalankan aplikasi di berbagai platform Java pun dikenal dengan slogannya Write once Run everywhere.
Java dikenal mempunyai banyak library yang siap digunakan untuk membuat berbagai aplikasi baik itu untuk desktop, web dan juga untuk pemrograman mobile.
Syntax pada bahasa pemrograman Java banyak mengadopsi syntax dari bahasa C dan C++ dan dapat dikompilasi di berbagai Java Virtual Machine (JVM) untuk menjalankannya.
Karena kemampuannya dengan mengusung konsep OOP yang sangat baik untuk membuat aplikasi, maka sampai saat ini bahasa pemrogaman Java masih yang terpopuler dan paling banyak digunakan oleh programmer dan para pengembang sistim komputer di seluruh dunia.

2. PHP

Hypertext Preprocessor atau disingkat PHP merupakan bahasa pemrograman yang dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995.
Bahasa PHP menjadi bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan untuk membuat berbagai aplikasi web.
PHP sendiri menjadi begitu terkenal dan disukai para programmer karena PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat mudah dipelajari.
Para programmer web banyak yang mengandalkan PHP sebagai bahasa pemrograman untuk menciptakan aplikasi-aplikasi web, bahkan facebook sekalipun dibuat dengan memanfaatkan PHP dan tentunya didukung oleh script-script lainnya.

3. Python

Phyton merupakan bahasa pemrograman yang muncul pada tahun 1991 yang di kembangkan oleh Python Software Foundation, bahasa phyton lebih dikenal bersifat dinamis dan dilengkapi dengan manajemen memori otomatis.
Phyton dapat digunakan untuk membuat berbagai keperluan perangkat lunak dan mendukung untuk  berbagai platform sistim operasi baik itu Windows, Linux/Unix, Mac OSX, Symbian dan lainnya.
Banyak programmer yang menyatakan bahwa bahasa Phyton merupakan bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari dan mempunyai banyak library serta mengusung konsep OOP (Object Oriented Programming) yang baik.

4. C#

C# merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft yang dipimpin oleh Anders Hejlsberg yang telah lama malang melintang didunia pengembangan bahasa pemrograman komputer, dan dia jugalah yang menciptakan bahasa pemrograman Borland Turbo Pascal, Microsoft J++ dan Borland Delphi.
Bahasa C# dikenal dengan pemrograman modern yang berorientasi objek atau biasa kita kenal dengan sebutan OOP (Object Oriented Programming) yang biasanya digunkan untuk membuat program di atas arisitektur Microsoft.NET Framework.
Syntax yang digunkan pada C# memiliki kemiripan juga dengan bahasa Java, C dan C++. Bahasa C# dan banyak digunakan untuk membangun berbagai aplikasi khususnya pada aplikasi-aplikasi yang dijalankan di windows desktop dan aplikasi yang berbasis web services.

5. C++

C++ merupakan salah satu bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Evano Christian Posumah yang dikembangkan dari bahasa C pada tahun 1970. Perbedaan diantara C dan C++ adalah bahwa C merupakan bahasa pemrograman procedural sedangkan C++ merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek.
Bahasa pemrograman C++ tetap mempertahankan kehebatan dari pendahulunya yaitu bahasa C, termasuk kemampuan dan keluwesannya dalam menangani interface hardware dan software, pemrograman low-levelnya, serta efisiensinya. C++ juga mendukung dan dapat dijalankan diberbagai platform sistim operasi baik itu Windows, Unix, Linux dan lainnya.
Bahasa C++ banyak digunakan untuk membuat berbagai aplikasi baik itu aplikasi desktop seperti membuat game-game komputer, sistim operasi, sistim kendali dan berbagai apliksi lainnya.
Bahasa C++ banyak dipilih para depelover profesional karena dinilai dapat mengurangi kompleksitas dalam bahasa pemrograman khususnya jika kode program yang dibangun berukuran besar dan kompleks.
Bagaimana dengan anda, apakah diantara daftar ke 5 bahasa pemrograman populer dan paling banyak digunakan tersebut termasuk bahasa pemrograman yang anda gunakan juga? Semoga anda dapat menjadi seorang programmer hebat menggunakan bahasa pemrogaman untuk membuat aplikasi yang dibutuhkan oleh banyak orang.
Demikian dulu ulasan 5 Bahasa Pemrograman Paling Banyak Digunakan Pada Tahun 2014 untuk kita ketahui semoga bermanfaat untuk anda.
sumber: batar tambunan